Bupati Mura Buka Rakor Persiapan Pilkades Serentak 35 Desa

Murung Raya, Jurnalisinfo.net – Sebanyak 35 Desa dari sembilan Kecamatan di Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah akan melaksanakan Pemilihan kepada desa (Pilkades) pada bulan Juni Tahun 2023 mendatang. Guna mematangkan persiapan pelaksana Pilkades serentak tersebut, Pemkab Murung Raya melaksanakan rapat koordinasi di Aula Gedung B Kantor bupati, Selasa 6 Juni 2023.

Dalam rapat kordinasi tersebut, dihadiri Bupati Murung Raya, Drs. Perdie M. Yoseph, MA, Kepala Dinas Pemerdayaan Masyarakat Desa, Murung Raya, drs. Lyinda Kristiane, Kapolres Murung Raya, AKBP Irwansah, ketua Panitia Pilkades Kabupaten, Drs. Serampang, sejumlah Camat, Panitia Pilkades tingkat Desa turut hadir.

Pada pembukaan rapat tersebut, diawali dengan laporan ketua Panitia Kabupaten, Serampang. Ia mengatakan bahwa persiapan pemilihan dari 35 calon kepala Desa sudah melalui tahapan sesuai dengan ketentuan, sehingga dilakukan rapat kordinasi ini, mengingat waktu tanggal 9 Juni sudah pelaksanaan pencoblosan dan pemungutan suara. “Pilkades serentak untuk tahun ini diikuti sebanyak 112 calon dari sembilan Kecamatan di Murung Raya yang sudah lulus seleksi persyaratan untuk mengikuti Pilkades,” jelas Serampang.

Sementara itu, Bupati Murung Raya Drs. Perdie M Yoseph, MA, mengatakan rapat koordinasi itu bertujuan untuk menyatukan persepsi dan langkah-langkah apa saja yang dilakukan dalam menghadapi Pilkades serentak yang akan dilaksanakan pada Jumat 9 Juni 2023, yang diikuti 112 calon kepala Desa dari 35 Desa. “Kita berharap dalam pelaksanaanya nanti dapat berjalan aman, lancar dan kondusif,” ujar bupati saat buka rapat kordinasi tersebut.

Menurut Perdie, rapat koordinasi yang dilaksanakan itu dalam rangka mematangkan persiapan yang diperlukan sehingga pada pelaksanaanya nanti dapat meminimalisir masalah dan hal-hal yang berpotensi menimbulkan gesekan-gesekan di tengah-tengah masyarakat, baik antar kandidat maupun antar pendukung.

“Saya berharap kepada jajaran TNI- Polri, dan sejumlah Camat serta seluruh Panitia agar bisa mengamankan dalam pelaksanaan pencoblosan nanti sehingga dalam Pilkades akan berlangsung aman, lancar dan kondusif sesuai dengan harapan kita bersama,” harapnya.

Diakhiri rapat kordinasi tersebut, Kepala Dinas DPMD, Murung Raya dra. Lynda Kristiane menambahkan, untuk batas waktu pelaksanaan pemilihan dan pencoblosan, pihaknya telah sepakat waktu dimulai jam 8 pagi hingga sampai jam 3 sore harus selesai.

“Pelaksanaan pencoblosan pada hari Jumat tanggal 9 nanti, kami bersama Panitia sudah sepakati bersama tentang waktu di mulai dari jam 8 pagi hingga sampai jam 3 sore. Harapan kita semua dapat berjalan lancar, aman dan kondusif,” harapnya. (H-as/Red).