Ketua LP2TRI KalTeng Minta DPMD Mura Kroscek Benar-benar Berkas Cakades 

JURNALIS.INFO, KALTENG–PURUK CAHU – Ketua Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Pemantau Penyelenggara Triaspolitika Republik Indonesia (DPD LP2TRI) Kalimantan Tengah , Fahriadi, NF, ML meminta kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Murung Raya untuk benar-benar melihat dan meneliti berkas seluruh calon kepala desa (Cakades) yang ingin mengikuti pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa serentak tahun 2023 ini, dan jangan sampai saat pesta demokrasi tersebut berlangsung timbul permasalahan-permasalahan yang dapat menghambat pesta demokrasi 6 tahun sekali tersebut. 

Fahriadi menyampaikan hal tersebut bukan tanpa alasan, dimana setiap pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Murung Raya sering kali berkas Cakades menjadi permasalahan yang dapat menimbulkan permasalahan yang sangat signifikan,”setiap periode pemilihan kepala desa di Kabupaten Murung Raya saya mendapatkan informasi selalu ada permasalahan di berkas calon kepala desa baik itu terkait Ijazah, Surat Tidak Pernah Terpidana (Pengadilan) dan lain sebagainya, oleh sebab itu jangan sampai pemilihan Kepala Desa tahun ini masih ada permasalahan berkas Cakades yang tidak lengkap tetap di loloskan oleh panitia”ujar Ketua LP2TRI, Fahriadi.

Fahriadi juga mewanti-wanti kepada pihak – pihak yang mendukung serta membantu Calon Kepala Desa yang ingin mencalonkan diri menjadi kepala desa agar benar-benar mengikuti aturan dan per Undang-undangan yang berlaku, jangan sampai melanggar aturan dan per Undang-undangan tersebut, sehingga menyebabkan permasalahan hukum yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. 

“kalau memang belum ada Ijazah, ya dibuat dulu sesuai dengan aturan yang ada, jangan sampai memakai jalan pintas bahkan memakai ijazah orang lain, kalau mengurus surat tidak pernah terpidana dari Pengadilan Negeri (PN) harus membawa SKCK dari Kepolisian Resort (Polres) setempat, jangan sampai isi dari SKCK berbeda dengan surat dari Pengadilan Negeri (PN) “jelas Fahriadi yang juga sebagai Ketua DPW-PWDPI Kalteng tersebut. 

Fahriadi berharap nantinya pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa tahun 2023 di Kabupaten Murung Raya ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses, oleh sebab itu perlu adanya kerjasama seluruh elemen masayarakat agar Pemilihan Kepala Desa tahun ini dapat lancar dan sukses. Tandasnya.David. (*/) red