PT Semesta Alam Barito Gelar Khitanan Massal di Desa Binaan.

Murung Raya, Jurnalisinfo.net – Perusahaan Tambang batubara PT Semesta Alam Barito yang beroprasi di wilayah Kecamatan Laung Tuhup, Kabupaten Murung Raya, Provinsi Kalimantan Tengah kembali menjalankan Program Pemberdayaan masyarakat (PPM) di desa dan kelurahan batu bua yang merupakan wilayah operasionalnya.

Adapun progarm yang di laksanakan PT Semesta Alam Barito kali ini bidang kesehatan, berupa khitanan massal selama dua hari sajak tanggal 7/5/2023. Dalam pelaksanaanya melibatkan Karang taruna kelurahan setempat sebagai panitia bersama dalam menyukseskan kegiatan yang diselenggarakan di TPA Madrasah Kelurahan Batubua I.

Program yang dilaksanakan PT SAB ini tergolong tinggi yang ditandai dengan banyaknya orangtua yang mendaftar untuk mengkhitankan putranya. Panitia mencatat lebih dari 20-an orangtua berminat mengikutsertakan anaknya dalam kegiatan program tersebut. Namun, panitia hanya mampu mengakomodir sebanyak 15 orang anak yang terdiri dari 13 anak dari Kelurahan Batua Bua I, satu orang dari Batubua II ditambah 1 orang dari desa Tahujan Laung.

“Peserta yang mendaftar lebih dari dua puluh orang, tetapi karena kemampuan tim Medis maka kami batasi hanya 15 orang anak saja. Dalam kegiatan ini kami berterimakasih kepada PT Semesta Alam Barito, karena sejauh ini sangat membantu, semoga tetap konsisten membantu kami secara berkelanjutan dan diberi kemudahan segala aktvitasnya,” tutur Sambung Arif Sunandar saat dihubungi.

Menurut Arif mengatakan, khitanan massal ini adalah bagian dari kampanye perusahaan untuk menciptakan lingkungan dan perilaku sehat bagi masyarakat sekitar, seperti yang di sampaikan Kepala Teknik Tambang PT Semesta Alam Barito, Agung Yudhantara saat hadir, didamping Heri Riyadi selaku Superintendent External Relation.

Sementara itu Agung menyampaikan, komitmen PT Semesta Alam Barito ini akan terus aktif, dalam kegiatan Program Pemberdayaan masyarakat ( PPM) di bebarapa desa-desa yang terdampak langsung kegiatan pertambangan.

“PT Semesta Alam Barito akan terus berperan aktif dalam kegiatan Program Pemberdayaan masyarakat ( PPM), ini sebagai bentuk komitmen kami menjalin relasi yang baik di sekitar wilayah operasional,” katanya.

Pada rangkaian kegiatan khitanan massal tersebut, Agung berpesan, semoga adek-adek yang mengikuti khitanan hari ini akan lebih sehat lagi setelah ini, “Saya mengapresiasi kolaborasi Departement External perusahaan dengan karang taruna sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan sukses.

Diakhiri kegiatan kepala Teknik Tambang PT Semesta Alam Barito menyerahkan bingkisan menarik dan dana santunan kepada setiap peserta untuk mengapresiasi tingginya antusias warga mengikuti kegiatan tersebut. (Fhr)