Bupati Perdie Resmikan Lopo Betang Di Kecamatan Murung

Murung Raya, jurnalisinfo.net– Bupati Kabupaten Murung Raya, Dr. Drs Perdie M. Yoseph, M.A, didampingi Wakil Bupati Murung Raya Rejikinnor, S.Sos, secara resmi meresmikan Lopo Betang 15 September 2023.

Peresmian Huma Lopo Betang kearipan budaya dengan luasan ribuan meter persegi diberi nama Perdie M. Yoseph yang bangun terletak di wilayah Kecamatan Murung ini ditandai dengan pendatanganan prasasti dan pemotongan pita oleh Bupati Perdie.

Dalam peresmian tersebut di hadiri sejumlah anggota DPRD Kabupaten Murung Raya dan anggota DPR- RI, Dr. Ir, Wily M. Yoseph, MM, Kepala Dinas Pendidikan Murung Raya, Ferdinand Wijaya, S.Pt, M.AP,  Wakapolres Murung Raya, perwakilan Kajari Murung Raya, Kodim/Mtw, unsur Forkopimda lingkup Pemerintah Murung Raya.Pada saat peresmian, Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph mengatakan, esensi dari exsistensi Lopo Betang tersebut adalah sebagai wadah bagi masyarakat dayak Murung Raya untuk beraktifitas baik kegiatan adat, pestival seni budaya dan perkawinan adat hingga sosialisasi serta edukasi.

“Maksud dan tujuan dari pembangunan Lopo Betang yang tidak jauh dari ibukota Puruk Cahu ini adalah sebagai wadah bagi masyarakat, khususnya masyarakat dayak di Murung Raya untuk kegiatan adat, seni budaya dan kegiatan lainya,” kata bupati.

Selain itu, Lopo Betang ini di manfaatkan oleh Pemerintah Daerah melalui Dinas pendidikan dan Kebudayaan Murung Raya untuk menarik minat wisatawan dalam negeri maupun luar negeri nantinya.

“Jangka panjang secara visioner yang akan datang, terlebih kita menghadapi pemindahan ibukota negara di Kalimantan Timur tidak jauh dengan kalimantan Tengah. Sehingga diharapkan berorentasi jangka panjang, salah satu aternatif objek wisata budaya yang kita miliki di Murung Raya ini,” terang Perdie.

Lebih lanjut, Bupati dua periode ini menambahkan, selain sebagai wadah berbagai kegiatan adat, budaya dan seni, diharapkan Lopo Betang ini dapat di manfaatkan secara positif oleh semua pihak sehingga nantinya dapat menarik minat wisatawan lokal maupun manca negara untuk berkunjung ke kabupaten Murung Raya,” tambah Perdie. (Red)