DPRD Murung Raya Mengelar Rapat Istimewa Mendengar Pidato Presiden

Murung Raya, jurnalisinfo.net – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Murung Raya bersama Pemerintah Daerah setempat mengelar rapat istemewa dalam rangka mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia menjelang HUT ke 78 tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 2023.

Rapat istimewa tersebut berlangsung di gelar dalam ruang rapat paripurna lantai II Gedung DPRD Murung Raya, Rabu (16/8/2023).

Dalam rapat istimewa itu dipimpin langsung oleh ketua DPRD Murung Raya, Dr. Doni, SP. M.Si, di hadiri Bupati Murung Raya, Dr. Drs. Perdie M. Yospeh, dan wakil Bupati, Sekda wakil ketua I DPRD Murung Raya, Likon, SH, MM, dan wakil II DPRD Murung Raya Rahmanto Muhidin, S.Hi, MH, komisi I Rumiadi, SE, SH., MH, dan komisi II Heriyus M. Yospeh, SE, serta anggota lainya.

Diantara sambutannya, Presiden Republik Indonesia Ir. Joko widodo menyampaikan bahwa Indonesia harus menjadi negara yang mampu mengolah sumber daya, dan mampu memberikan nilai tambah untuk kesejahteraan rakyatnya dan ini bisa kita lakukan melalui hilirisasi.

“Saya sudah sampaikan hilirisasi yang ingin kita lakukan adalah hilirisasi yang melakukan transfer teknologi yang memanfaatkan sumber energi baru dan terbarukan serta meminimalisir dampak lingkungan,” tutur Jokowi

Lanjut, Presiden juga menyebutkan bahwa Pemerintah telah mewajibkan perusahaan tambang sekarang ini untuk membangun pusat pembibitan, membangun pusat persemaian, untuk menghutankan kembali lahan pasca penambangan yang ada disetiap daerah.

“Hilirisasi yang ingin kita lakukan adalah hilirisasi yang tidak hanya pada komoditas mineral, tapi juga non mineral seperti sawit, rumput laut, kelapa dan komoditas-komoditas potensial lainnya, yang mengoptimalkan kandungan lokal,” terang Presiden

Yang bermitra dengan UMKM, bermitra dengan petani, bermitra dengan nelayan sehingga bisa mensejahterakan rakkat kecil, dimana upaya tersebut sedang dilakukan dan terus dilanjutkan.

“Ini memang pahit bagi para pengeskpor bahan mentah, ini juga mungkin pahit bagi pendapatan negara dalam jangka pendek. tapi jika ekosistem besarnya sudah terbentuk, pabrik pengolahannya sudah beroperasi, saya pastikan ini akan berbuah manis pada akhirnya terutama bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia,” tegas dan janji jokowi.

Sementara, Bupati Murung Raya Dr. Drs. Perdie M. Yoseph saat diwawancarai awak media, terkait hilirisasi Ia mengatakan apa yang menjadi arahan kebijakan nasional dan menyimak apa yang disampaikan Presiden Republik Indonesia dalam pidato pihaknya akan mengikuti.

“Kita ini kan bagian dari regulasi bangsa secara personal itu sendiri, artinya apa yang menjadi program Pemerintah Pusat harus seiring dengan yang ditentukan oleh bangsa kita seperti hilirisasi, saya pikir itu sudah kebijakan yang tepat untuk kita semuanya dalam rangka mensejahterakan masyarakat Murung Raya dimasa yang akan datang,” ujar Bupati.

Bupati Perdie menambahkan, bahwa hal tersebut, tentunya dari segala bidang terutama sektor pertambangan, kehutanan, dan pertanian dalam artian luas,” sebutnya. (Red).