Ketua DPRD Doni, Mengapresiasi Upaya Pemkab Mura Tangani Penurunan Angka Stunting

PURUK CAHU, jurnalisinfo.net – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Murung Raya (Mura) Kalimantan Tengah Dr. Doni, SP. M.SI, mengapresiasi upaya Pemerintah daerah Murung Raya terus melakukan upaya penurunan angka stunting.

Menurut Doni, mengungkapkan alasan mengapa Pemerintah kerja keras percepatan penurunan stunting karena terkait dengan perkembangan sel otak anak yang akhirnya akan menyebabkan tingkat kecerdasan menjadi tidak optimal dan kemampuan dalam jangka panjang akan lebih rendah, menurunkan produktifitas dan kapasitas kerja yang tidak maksimal.

Oleh karena itu kata dia, Pemerintah Pusat dan Pemerintah daerah gencar-gencarnya melakukan pencegahan, penurunan angka stunting untuk menciptakan generasi masa depan yang lebih unggul.

“Stunting ini merupakan salah satu langkah penting yang harus dilakukan Pemerintah untuk memastikan pelaksanaan rencana kegiatan intervensi pencegahan dan penanganan stunting,” kata Doni, Rabu (20/3/2024).

Selain itu, penanganan, penurunan angka stunting ini sesuai dengan visi Pemerintah Pusat agar perjalanan kehidupan masyarakat sejak dari dalam kandungan hingga lansia harus ditangani dengan baik agar anak-anak tidak lagi stunting.

“Stunting merupakan keadaan berhentinya pertumbuhan pada anak. Penyebab utama stunting adalah kekurangan gizi pada waktu yang cukup lama, selain itu stunting juga menyebabkan keterlambatan perkembangan cara berpikir oleh karena itu Pemerintah berkomitmen untuk melakukan pencegahan dan penurunan angka stunting ini,” ujar Doni.

Lebih lanjut terang ketua DPRD ini, sebenarnya stunting ini masih dapat dicegah jika orang tua mengambil langkah-langkah penting dalam dua tahun pertama kehidupan seorang anak. Jika anak tidak mendapatkan makanan, perawatan yang tepat maka efeknya bisa sangat berbahaya.

“Kami dari DPRD, mendorong dan mengharapkan komitmen bersama untuk membantu Pemerintah dalam percepatan penurunan angka stunting di Murung Raya guna menciptakan generasi masa depan yang lebih unggul,” pungkas Doni.(Hsd)