Murung Raya Juara III TTG Weldu dengan karya inovasi Alat Pengolah Limbah Organik

PALANGKA RAYA, jurnalisinfo.net – Di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Senin (27/5/2024). Gubernur Kalteng,Sugianto Sabran menyerahkan secara langsung Piagam Penghargaan dan hadiah lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) dan Unggulan Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah

Penyerahan yang dirangkaikan dengan acara Ramah Tamah dalam rangka Peringatan Hari Jadi ke-67 Prov. Kalteng, Gubernur berharap semua dapat bersama-sama merefleksikan perjalanan pembangunan Bumi Tambun Bungai untuk saling berbagi kisah, ide dan gagasan di antara seluruh elemen masyarakat dalam membangun Kalimantan Tengah Makin Berkah, Maju, dan Bermartabat.

“Melalui momen Hari Jadi ke-67 kali ini, saya mengajak kita semua terus menjaga kerukunan dan keharmonisan, serta memperkuat semangat gotong royong dan persatuan, untuk bersama-sama membangun Kalimantan Tengah Makin BERKAH,” kata Gubernur.

Sementara itu, yang mewakili Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kab.Mura,Elvira menyampaikan pelaksanaan lomba inovasi tersebut bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kreativitas dan inovasi di lingkungan masyarakat, khususnya wilayah perdesaan, sehingga dapat menghasilkan teknologi yang bermanfaat dan memiliki nilai ekonomis bagi kesejahteraan masyarakat sekitarnya.

“Terima kasih atas dukungan semua pihak, sehingga kita memperoleh juara III TTG Weldu dengan karya inovasi Alat Pengolah Limbah Organik untuk mengolah limbah tempurung kelapa menjadi briket arang. Inovasi ini perlu terus dikembangkan, terlebih yang bermanfaat bagi masyarakat, dengan mengedepankan kearifan lokal yang selaras dengan potensi wilayah, sehingga hasil inovasi dapat bermanfaat secara optimal, berkelanjutan dan professional,” tuturnya.

Diketahui, Piagam Penghargaan dan hadiah lomba berupa uang pembinaan sebesar Rp15.000.000 diserahkan kepada Juara I TTG Ari Mustapa dari Kabupaten Kapuas dengan karya inovasi Alat Pemupuk Tanaman Nanas dan Tanaman Pangan, dan Juara I TTG Unggulan Markurius Abednegoe dari Kabupaten Katingan dengan TTG unggulan berupa Olah Sampah Organik menjadi Sabun Natural Eco Enzyme Ramah Lingkungan.

Kemudian, Juara II TTG Rahmat Ariadi dari Kabupaten Kotawaringin Timur dengan karya inovasi Sabut Liber Alat Pengupas Sabut Kelapa, dan Juara II TTG Unggulan Eko Dedi Saputro dari Kabupaten Pulang Pisau dengan TTG unggulan Alat Penabur Benih Padi mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp10.000.000.

Sedangkan, Juara III TTG Weldu dari Kabupaten Murung Raya dengan karya inovasi Alat Pengolah Limbah Organik, dan Juara III TTG Unggulan Singkir dari Kabupaten Kapuas dengan TTG unggulan Produksi dan Pengembangan Probiotik untuk Budidaya Ikan dan Ternak mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp5.000.000. (Red).