Waket II DPRD: Apresiasi Pemkab Mura Keluarkan Surat Edaran Antisipasi Kejadian Kabut Asap

Wakil Ketua II DPRD Murung Raya, H Rahmanto Muhidin, S.HI, MH, diruang kerjanya (foto;ist)

Murung Raya, jurnalisinfo.net – Dengan melihat perkembangan polusi udara akibat kabut asap yang hampir di menyelimuti di sejumlah wilayah, Pemerintah Daerah Murung Raya mengeluarkan surat edaran untuk mengantisipasi kejadian kabut asap tersebut.

Dalam surat edaran dengan nomor; 800/238/DLH-MR/2023 tertanggal 5 Oktober 2023 ini, Pemkab Murung Raya mengambil sejumlah kebijakan salah satunya terkait kabut asap yang terjadi di wilayah Murung Raya yang berdampak terhadap penurunan kaulitas udara berdasarkan data pemantuan kaulitas udara yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup pada 5 Oktober 2023 adalah 118, yang berarti kaulitas udara berada ketegori tidak sehat pada kesehatan manusia.Surat edaran tersebut, disampaikan kepada setiap Kepala Dinas terkait, yakni diantaranya, Dinas Kesehatan untuk membagikan masker kepada warga masyarakat dan membuat laporan terkait warga yang terkena penyakit ISPA selama kejadian kabut asap. Kemudian kepala Dinas Pendidikan untuk mengatur jam pembelajaran disekolah.

Selanjutnya kepada seluruh Camat agar menghimbau, Lurah dan Kepala Desa serta warga bersama sama menjaga wilayah dari kebakaran hutan dan lahan termasuk juga isi surat tersebut diharapkan kepada seluruh masyarakat selalu menggunakan masker saat beraktivitas.

Terkait dengan kebijakan Pemkab Murung Raya secara serius memperhatikan kondisi terkini mengenai kabut asap akibat terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), kalangan DPRD Murung Raya mengapresiasi atas langkah kebijakan Pemerintah tersebut.

“Atas kebijakan Pemerintah Daerah tentu kami memberikan apresiasi karena itu salah satu bertujuan untuk menjaga kesehatan masyarakat di Murung Raya ini agar tidak terpapar gangguan kesehatan yang di akibatkan oleh kabut asap,” kata Wakil Ketua DPRD Murung Raya, Rahmanto Muhidin, S.HI, MH, di Puruk Cahu, (6/10/2023).

Dengan surat edaran itu juga, Doni, berharap kepada masyarakat agar mematuhi semua yang dianjurkan oleh Pemerintah Daerah Murung Raya karena saat ini terjadinya kabut asap (Karhutla).

“Kami berharap kepada masyarakat untuk selaku menggunakan masker saat beraktivitas di musim kabut asap ini sampai dengan kondisi cuaca normal di Murung Raya nanti,” pesan waket II DPRD Mura. (Red).