Wakil Bupati Murung Raya Hadiri Pembukaan FBIM 2023 Kalteng

Murung Raya, Jurnalisinfo.net – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran didampingi Ketua TP-PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran bersama Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo didampingi istri Hj. Nunu Adriani Edy Pratowo membuka secara resmi Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dan Festival Kuliner Nusantara (FKN) Tahun 2023. Kegiatan ini berlangsung di GOR Serbaguna Jl. Tjilik Riwut Km. 5 Palangka Raya, Senin (22/5/2023) malam.

Tema yang diusung dalam kegiatan ini yakni The Beauty of Diversity yang berarti Keindahan dalam Keberagaman, memiliki makna cukup mendasar dan relevan dengan kondisi dan situasi saat ini.

Dalam kesempatan itu Wakil Bupati Murung Raya Rejikinoor, S.Sos menyampaikan, Kabupaten Murung Raya pada Festival Budaya Isen Mulang mengirim sebanyak 243 orang terdiri dari Peserta, Panitia, Official, dan Perangkat Daerah lingkup Pemerinatah Murung Raya.

“FBIM merupakan ajang kreatifitas yang menghadirkan ragam inovasi dan kreasi bagi para pelaku seni dan budaya dalam mengekspresikan karya-karya seni daerah yang menggabungkan unsur tradisional, kearifan lokal dan seni modern yang ada di Kalimantan Tengah,” tutur Rejikinoor saat menghadiri pembukaan FBIM 2023.

Ia juga mengatakan, melalui kegiatan ini dapat memberikan efek positif dan manfaat yang besar bagi pembangunan kebudayaan dan pengembangan pariwisata di Kalteng pada umumnya.

Ditempat terpisah Bupati Murung Raya Drs. Perdie M. Yoseph, MA, menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dan partisipasi semua pihak dalam rangka memperkuat kontingen Kabupaten Murung Raya di Festival Budaya Isen Mulang.

“Semoga kita memperoleh hasil yang terbaik dalam FBIM,” kata bupati Murung Raya.

Festival Budaya Isen Mulang Tahun 2023 ini adalah dalam rangka memeriahkan Peringatan Hari Jadi ke-66 Prov. Kalteng. Berbagai jenis perlombaan yang akan dilaksanakan antara lain Lomba Perahu hias, Tari Pesisir, Tari Pedalaman, Fotografi, Videografi, Lagu Daerah, Jukung Tradisional, Panginan Sukup Simpan, Malamang, Habayang, Sepak Sawut, Balogo, Lawang Sakepeng, Manyipet, Maneweng, Manetek, Manyila Kayu, Besei Kambe, Mangaruhi, Mangenta, Karungut dan lomba-lomba lain. (Red/Fhr).